Senin, 06 April 2020

TANTANGAN UNTUK BERBAGI


Hari ini tanggal Senin, 6 April 2020 . Jam 6.00 pagi saya mengikuti perayaan ekaristi (misa) pagi secara online yang diselenggarakan oleh keuskupan Semarang. 
Bacaan Injil  diambil dari Yoh 12: 1-11. Yesus diurapi di Betani. Siapakah dia yang mengurapi Yesus? Maria. Kisah tentang pengurapan ini sebetulnya masih merupakan lanjutan dari kisah sebelumnya yakni tentang Yesus membangkitkan Lazarus yang sudah empat hari mati. Lengkapnya perikop injil untuk hari ini:

Enam hari sebelum Paskah Yesus datang ke Betania, tempat tinggal Lazarus yang dibangkitkan Yesus dari antara orang mati. Di situ diadakan perjamuan untuk Dia dan Marta melayani, sedang salah seorang yang turut makan dengan Yesus adalah Lazarus. Maka Maria mengambil setengah kati minyak narwastu murni yang mahal harganya, lalu meminyaki kaki Yesus dan menyekanya dengan rambutnya; dan bau minyak semerbak di seluruh rumah itu. Tetapi Yudas Iskariot, seorang dari murid-murid Yesus, yang akan segera menyerahkan Dia, berkata: "Mengapa minyak narwastu ini tidak dijual tiga ratus dinar dan uangnya diberikan kepada orang-orang miskin?" Hal itu dikatakannya bukan karena ia memperhatikan nasib orang-orang miskin, melainkan karena ia adalah seorang pencuri; ia sering mengambil uang yang disimpan dalam kas yang dipegangnya. Maka kata Yesus: "Biarkanlah dia melakukan hal ini mengingat hari penguburan-Ku. Karena orang-orang miskin selalu ada pada kamu, tetapi Aku tidak akan selalu ada pada kamu." Sejumlah besar orang Yahudi mendengar, bahwa Yesus ada di sana dan mereka datang bukan hanya karena Yesus, melainkan juga untuk melihat Lazarus, yang telah dibangkitkan-Nya dari antara orang mati. Lalu imam-imam kepala bermupakat untuk membunuh Lazarus juga, sebab karena dia banyak orang Yahudi meninggalkan mereka dan percaya kepada Yesus.”

Maria mengurapi  Yesus dengan minyak narwastu yang mahal (Yohanes 12:3). Minyak narwastu murni ditaksir bernilai tiga ratus dinar. Jika dianggap sebagai dinar Yordania, saat ini harganya berarti sekitar Rp. 3.822.867,2433.

Hari – hari ini semua orang ditantang untuk berbagi. Yuch, berlombabalah dalam berbagi dengan orang-orang yang mungkin saat ini tidak memiliki makanan, berlombalah untuk membantu para tenaga dokter atau para medis yang sedang berjuang untuk memberikan pelayanan kepada para orang-orang sakit di rumah sakit. Berlombalah untuk membantu para orang sakit di rumah sakit. Dengan turut berbagi kita semua mendukung berbagai usaha untuk membuat virus corona mati tersungkur di depan kita semua. Kita harus menang. Silahkan memberikan yang terbaik menurut Anda. Amin.

0 komentar:

Posting Komentar