Minggu, 12 Maret 2023

Tuhan telah Menentukan Kita Menjadi Raja dan Ratu dalam kehidupan

 Salatiga, Minggu, 12 Maret 2023

Bulan lalu kita pernah belajar bersama di sini bahwa kita semua, tanpa kecuali, telah  ditentukan oleh Tuhan Allah untuk menjadi raja dan ratu dalam kehidupan di planet bumi ini. Pertanyaan yang muncul di sini sekarang ini adalah, apakah kita memiliki kekuasaan atau kemampuan untuk melaksanakan tugas kita sebagai raja dan ratu dalam kehidupan di planet bumi ini? Sekarang, cobalah perhatikan Chihuahua dan Grizzly! Cerita pendek tentang kedua jenis binatang ini bisa membantu kita untuk menjawab pertanyaan di atas.


Chihuahua adalah seekor anjing kecil yang suka menyalak. Ia  memiliki sifat keras kepala, kepala batu, dan tidak pernah mudah menyerah. Waktu bertemu dengan seseorang, biasanya ia akan mendengking dan menyalak dengan tiada henti-hentinya untuk memaksanya segera meninggalkan wilayah kekuasaan Chihuahua. Chihuahua mungkin akan nekad atau tidak segan-segan menggigit pergelangannya. Jika ia hanya mengusirnya secara sambil lalu, Chihuahua pasti akan berjuang dengan sekuat tenaga lagi untuk menguasainya. Akan tetapi, kalau sudah terlalu jengkel terhadap prilakunya itu, ia hanya perlu menendangnya dengan sedikit keras dan menghardiknya dengan bersuara keras. Chihuahua  biasanya akan terkaing-kaing sambil bergerak menjauh daripadanya.  Chihuahua pasti kalah karena ketakutan dan takut dipermalukan. Mengapa bisa terjadi seperti itu pada Chihuahua? Mengapa ia bisa menaklukkan dan menguasai Chihuahua yang terkenal sangat galak, keras kepala, dan tidak pernah kenal menyerah itu? Jawabannya adalah karena anjing kecil itu tidak memiliki kekuasaan  atas orang yang sudah dewasa.


Gizzly adalah seekor beruang dewasa yang juga memiliki tekad yang sama kuatnya dengan si anjing Chihuahua untuk menghabisi seorang manusia. Jika ia (manusia)  tidak membawa senapan yang kuat, manusia tersebut pasti akan terancam oleh bahaya besar. Apa bahaya besar itu? Bahaya besar itu adalah bahwa manusia tidak akan mampu menguasai dan mengendalikannya. Karena tidak membawa senapan, beruang yang ganas itu dapat dengan sangat mudah menaklukkan, mengalahkan, dan menghabisi manusia. Beruang itu bisa dengan mudah menguasai manusia.


Dua contoh peristiwa di atas memberitahukan satu hal terpenting kepada kita bahwa sesungguhnya di planet bumi ini ada banyak sekali kekuatan lain yang tidak menghendaki kita menyelesaikan pertandingan kita dengan baik. Pada saat kita berhadapan dengan situasi yang sangat genting seperti dalam cerita tentang anjing Chihuahua dan beruang Gizzly, bagaimana Saudara dan saya bisa tahu bahwa kita memiliki kuasa atau kekuatan untuk melwan mereka? Saat berhadapan dengan musuh supraalami yang tidak kelihatan, dari manakah kita bisa menerima kuasa atau kekuatan untuk memerintah sebagai raja dan ratu dalam kehidupan kita yang berlangsung selama sejumlah waktu di bawah kolong langit ini?


Roh Kudus sendiri yang sudah menjawab pertanyaan itu melalui Rasul Paulus dalam sebuah suratnya kepada satu jemaat Tuhan di Roma. Rasul Paulus berkata dengan sangat yakin bahwa "Melalui Dia, Allah melimpahkan rahmmat-Nya kepada begitu banyak orang, dan dengan cuma-cuma memungkinkan mereka berbalik kembali dengan Allah; mereka akan berkuasa di dunia ini melalui Kristus." (Roma 5:17, BIS). Kita akan mampu melaksanakan peran kita sebagai raja dan ratu dalam kehidupan di planet bumi ini karena kekuatan kasih karunia Allah Bapa yang tersedia secara berlimpah untuk kita dan mengalir dengan deras ke dalam kehidupan kita melalui Yesus Kristus. Amin.


Selamat beribadah. Tuhan Yesus menyertai dan memberkati kita semua.

Sumber: Renungan di grup WA tolas pah timor

0 komentar:

Posting Komentar